Thursday 2 April 2015

Pengrajin Sepatu dan Perkembangan Dunia Bisnis

Siapa yang tidak punya sepatu? Semua orang pasti memiliki sepatu, atau setidaknya sandal untuk dijadikan alas kaki ketika berada di rumah atau pun ketika bepergian. Sepatu atau alas kaki sudah digunakan beberapa ribu tahun sebelum masehi dengan desain sederhana dan material yang ada pada saat itu. Perkembangannya, sepatu kini menjadi barang yang mewah karena bisa dibuat oleh pengrajin sepatu dengan material yang berharga juga menjadi lebih fungsional dan juga termasuk ke dalam kebutuan fashion setiap orang.

Sepatu menjadi salah satu kebutuhan bagi setiap orang untuk alas kaki ketika bepergian ke luar rumah, dan bahkan banyak yang di rumah pun masih menggunakan sepatu atau sandal rumah sebagai alas kaki. Fungsi sepatu sendiri digunakan untuk melindungi kaki dari hal berbahaya seperti duri, kotoran, dan penyakit. Tapi tahu kah Anda bagaimanan sepatu itu dibuat? Anda tahu bahwa ada pengrajin sepatu yang memiliki keterampilan untuk membuat sepatu?

Pengrajin Sepatu dan Dunia Bisnis Sepatu
Mereka yang memiliki keterampilan untuk membuat sepatu adalah orang orang yang teliti dan juga telaten, karena membuat sepatu bukanlah perkara yang mudah. Butuh ketelitian dari tangan dan juga cita rasa mengenai model dan selera yang tinggi. Berbicara tentang sepatu, juga pembuatnya atau yang disebut pengrajin sepatu tentu akan ingat ke salah satu kota di daerah Jawa Barat yang terkenal dengan produksi sepatu berkualitas dan juga memiliki desain dan model yang menarik.

Bandung, tepatnya di daerah Cibaduyut merupakan sentra dari kegiatan pembuatan sepatu dan juga menjadi awal mula perkembangan bisnis sepatu dimulai. Kawasan Cibaduyut berada di Jalan Raya Cibaduyut Kecamatan Bojong Loa Kidul, Bandung. Berbagai macam jenis spatu tersedia di daerah tersebut diantaranya sepatu kets, sepatu wanita, sepatu anak, pentopel, dan sepatu lainnya dengan kualitas yang baik dan harga yang bersaing dengan produk lain baik dari dalam negeri maupun produk sepatu import.

Pengrajin dari daerah Cibaduyut terdiri dari sekitar 3.000 orang lebih dengan kapasitas produksi sebanyak 3juta sepatu per tahunnya. Semua sepatu yang telah diproduksi kemudian didagangkan dan disebarkan ke seluruh Indonesia juga berbagai negara. Nilai investasi bisnis ini mencapai sekitar Rp 19 Milyar dan akan semakin bertambah dari tahun ke tahunnya.

Menurut masyarakat setempat, sebelum penjajahan dari Jepang dimulai yaitu sekitar tahun 1940 an, bisnis sepatu sudah berkembang dengan sejumlah pengrajin sepatu sebanyak sekitar 89 orang. Lalu kemudian berkembang karena semakin meningkatnya jumlah pemesanan. Meningkatnya pemesanan karena kualitasnya sudah terbukti dan dipandang terbaik dan dapat memenuhi selera konsumen di zaman tersebut. Dan kini, semakin berkembang pula bisnis di bidang sepatu terutama hand made dengan berbagai desain yang semakin berkembang dan lebih modern.

Bagi Anda pecinta sepatu dan senang mengoleksi sepatu, maka tidak ada salahnya Anda pun mencoba untuk membeli dan memakai sepatu lokal dengan kualitas bagus. Sepatu Cibaduyut sendiri sudah banyak beredar, tetapi jika Anda penasaran dengan lokasi Cibaduyut sendiri maka tidak ada salahnya Anda berkunjung ke Bandung. Jaraknya sekitar 30 menit dari pusat kota dan dengan mudah Anda bisa menemukan sentral sepatu kulit karena memang sudah populer.


Pengrajin sepatu selain berada di kawasan Cibaduyut Bandung, hadir juga di daerah lain seperti Garut dan bogor. Kualitas sepatu hand made yang ada di Indonesia tidak kalah baik dan berkualitas dengan produk lainnya dari luar negeri. 

No comments:

Post a Comment